Titimangsa

 

Beri aku satu puisi,
dari pada seribu rumus penuh janji
yang menyebabkan aku terlontar kini
jauh dari bumi yang kukasih

~Subagio Sastrowardoyo~

 

Subagio Sastrowardoyo, satu tokoh penyair penting sastra Indonesia, yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Balai Pustaka, menulis satu puisi terkenal yang dikutip di atas. Di sana digambarkan, bagaimana manusia menjadi terasing, jauh dari bumi, dan merindukan puisi. Itu sangat relevan dengan situasi Indonesia hari ini: ketika manusianya makin terasing karena terjadi bermacam perubahan nilai, guncangan sosial bahkan disrupsi nilai-nilai berbangsa dan bernegara. Ketika politik menguasi ruang publik, ketika politik sudah begitu membuat masyarakat tegang, maka puisi bisa menjadi angin penyejuk yang menyegarkan.

Konser Musikal ini adalah sebuah upaya untuk itu. Puisi-puisi cinta yang indah yang ditulis oleh para penyair Indonesia, akan menjadi angin keindahan yang menyejukkan. Atau dalam ungkapan puisi Sapardi, pertunjukan ini akan membuat kita kembali saling mencintai dengan indah, meski tak sederhana. Puisi mengatasi kerumitan, melampaui kemanusiaan dengan keindahan yang dibawanya.

Dalam pertunjukan ini akan dihadirkan puisi-puisi (atau kutipan-kutipan puisi) mulai dari karya Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Rendara, Sutardji Calzoum Bachry, Abdul Hadi WM, Sitor Situmorang, sampai para penyair generasi terkini seperti Joko Pinurbo, Aan Mansyur, Acep Zamzam Noor, dll. Puisi-puitu itu disusun menjadi percakapan atau dialog, nyanyian dan diwujudkan ke dalam tata visual yang indah dan megah, dalam bentuk Teater Musikal.

Titimangsa Foundation dan PT. Balai Pustaka (Persero)

mempersembahkan

Konser Musikal Puisi-Puisi Cinta

Cinta tak Pernah Sederhana

Sabtu dan Minggu

16 dan 17 Maret 2019

Pukul 20.00 WIB

Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki

 

Produser Happy Salma

Sutradara/Naskah Agus Noor

Pemain:

Reza Rahadian, Chelsea Islan, Marsha Timothy, Atiqah Hasiholan, Sita Nursanti, Teuku Rifnu Wikana

Butet Kartaredjasa, Maya Hasan, Sruti Respati, Daniel Christianto, Heny Janawati, Warih Wisatsana, Wawan Sofwan, Iswadi Pratama

Penata Musik Bintang Indrianto

Penata Artistik Iskandar Loedin

Penata Gerak Josh Marcy

Penata Busana Hagai Pakan

Penata Rias Aktris Handradjasa

Penata Cahaya Jemi

Penata Video Deden Jalaludin Bulqini